A review by chemistreads
Empowered ME (Mother Empowers): Ibu Berdaya Dimulai dari Diri Sendiri by Puty Puar

4.0

"Saya percaya perempuan berdaya adalah perempuan yang bisa mengambil keputusan hidupnya dan menjalani kehidupan sesuai dengan keputusannya." - halaman 7

"Bagaimana caranya supaya perempuan bisa lebih percaya diri dan bahagia akan keputusannya? ...Salah satu gagasan saya dengan lebih 1) mengenali diri sendiri dan 2) berfokus pada tujuan (purpose), kemajuan (progress), dan proses (process) diri sendiri." - halaman 3

Gw lebih dulu mengenal mbak @byputy dari ulasan-ulasan buku yang diunggah di platform goodreads. Ketertarikan membaca buku ini, yang secara khusus ditujukan kepada perempuan, karena gw melihat perspektif di dalam buku ini sebagai kurasi puzzle-puzzle pengetahuan yang mbak Puty susun. Ini membuat buku ini tidak hanya terbatas dibaca oleh perempuan.

Dalam upayanya mengajak pembaca untuk memahami makna berdaya, pembahasan buku ini runut. Terlebih dahulu pembaca diberikan perspektif tentang perlunya mengenal diri sendiri. Distraksi realitas yang membuat kita semakin sering membandingkan tidak secara 'apple-to-apple' dengan kehidupan orang lain dan batas konektivitas dengan orang lain yang semakin samar membuat kita memiliki terlalu banyak referensi dalam menentukan tujuan hidup yang membuat kita rentang mengalami 'decision fatigue' adalah contoh penghalang mengenal diri sendiri yang dibahas.

Solusi yang dibahas pun menambah perspektif baru. Model 'the wheel of life' sebagai analogi roda kehidupan personal yang kita bangun agar kehidupan berjalan seimbang, kuadran 'penting-relatif lebih tidak penting' sebagai model manajemen waktu dan energi, dan 'progress bar' dalam perencanaan keuangan sebagai 'reminder' sekaligus motivasi dalam mencapai tujuan.

Menariknya lagi, mbak Puty juga membahas keseluruhan konsep-konsep di atas dalam koridor pekerjaan rumah tangga, sebuah pekerjaan yang banyak orang menganggapnya sebagai suatu yang tidak berwujud (intangible) sehingga sulit dilihat prosesnya terlebih diukur progressnya. Padahal, tidak. Memecah tujuan besar tersebut ke aspek-aspek lebih sederhana membuat tujuan besar (misalnya, menciptakan situasi kondusif bagi perkembangan anak) yang terdengar abstrak tersebut menjadi lebih konkret dan lebih dapat digapai.